Prakerin di Kota Bersinar

Blog yang berisi kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di BLC Telkom, Klaten ketika melaksanakan Prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, 2017.


Selasa, 29 Agustus 2017

Installasi VMWare Untuk Virtualisasi Server

A. Judu / Nama kegiatan : Installasi VMWare Untuk Virtualisasi Server
B. Pendahuluan :
    Assalamu'alaikum wr,wb. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah artikel yang pastinya menarik, saat ini kita tengah berada pada era teknologi virtualisasi.
1. Pengertian :
    VMware Workstation adalah sebuah perangkat lunak mesin virtual untuk arsitektur komputer x86 dan x86-64 dari VMware, sebuah bagian dari EMC Corporation. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat banyak x86 dan x86-64 komputer virtual dan digunakan secara simultan dengan sistem operasi yang digunakan. Setiap mesin virtual tersebut bisa menjalankan sistem operasi yang dipilih, seperti Windows, Linux, varian BSD dan lain sebagainya. Dalam arti yang sederhana, VMware workstation bisa menjalankan banyak sistem operasi secara simultan dengan menggunakan satu fisik mesin.
2. Latar belakang :
    Dapat VMWare memungkinkan beberapa sistem operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggal secara bersamaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa melakukan partisi ulang dan boot ulang. Perangkat keras yang terdapat di dalam VMWare sama seperti perangkat keras yang dipakai PC, misalnya CPU, RAM, HDD, dll.
3. Maksud dan tujuan :
    Mengetahui apa itu VMWare sebagai software virtualisasi.
4. Hasil yang diharapka :
    Dapat menginstall VMWare dengan baik dan benar.

C. Alat dan bahan :
1. Laptop 
2. Software VMWare download disini

D. Jangka waktu pelaksanaan :
     Proses installasi VMWare kurang lebih 15 menit.

E. Tahapan pelaksanaan :
1. Pertama kita buka terminal sebagai super user dan masukan passwordnya.
2. Pastikan juga pada saat kita membuka terminal kita sudah berada di tempat folder aplikasi VMWare berada. Apabila belum anda pindah ke- direktori aplikasi berada, pada kasus ini saya sudah berada di folder VMWare jadi tidak perlu berpindah direktori.
3. Setelah berada pada direktori aplikasi VMWare, langsung saja ketikan :
./[Nama Aplikasi VMWare ] lalu enter.

4. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar berikut, itu adalah halaman perjanjian. Pilih opsi I accept the terms in the license agreement lalu klik Next.

5. Pilih opsi I accept the terms in the license agreement lalu klik Next.

6. Pada tampilan ini diberi pilihan apakah anda ingin mengecek update produk ketika pertama kali mulai. Jika iya pilih "Yes" dan jika tidak pilih "No'. Pada kasus ini saya pilih opsi Yes Lalu Next.

7. Anda diberikan pilihan apakah anda ingin mengirimkan data sistem data anonim dan statistik penggunaan dari VMware atau tidak, Jika iya pilih "Yes" dan jika tidak pilih "No'. Pada kasus ini saya pilih opsi No Lalu Next.


8.  Langkah selanjutnya anda akan diminta memasukkan serial key yang telah anda beli, jika anda ingin menggunakan versi berbayar. Jika tidak silahkan langsung Next saja (karena saya menggunakan versi free) (screenshot ada di langkah ke-12).

9. Setelah itu akan muncul pesan bahwa produk aplikasi VMware telah siap diinstall, seperti gambar dibawah ini dan klik Install.

10. Tunggu proses installasi sampai selesai.

11.  Apabila proses installasi telah selesai akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, Klik Close untuk mengakhiri.

12. Setelah itu akan ada 2 pilihan ' Use VMware Workstation 12 Player for free for non-commercial use ' atau ' Enter a license key to allow commercial use ' karena saya ingin menggunakanya untuk keperluan pembelajaran dan bukan komersial maka saya memilh ' Use VMware Workstation 12 Player for free for non-commercial use ' lalu silahkan masukan email > klik OK.

13. Selamat tampilan desktop awal VMWare menandakan proses installasi telah selesai.

F. Hasil yang didapatkan :
    Dapat menginstall VMWare dengan baik dan benar.
G. Temuan permasalahan :
    Belum ditemukan permasalahan dari proses installasi VMWare tersebut.
H. Kesimpulan :
    Kesimpulannya installasi VMware lebih rumit daripada virtualbox akan tetapi fitur dan kelebihan VMware lebih menarik yaitu lebih ringan ketika dijalankan.
I. Referensi :
   https://www.tecmint.com/install-vmware-workstation-in-linux/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar