Prakerin di Kota Bersinar

Blog yang berisi kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di BLC Telkom, Klaten ketika melaksanakan Prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, 2017.


Sabtu, 08 Juli 2017

Memblok Situs Menggunakan Mikrotik

A. Pendahuluan :
    Assalamu’alaikum wr.wb, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang semoga bermanfaat untuk kita semua. Pada saat ini sangat banyak ditemukan website – website yang mengandung unsur dewasa yang sangat berbahaya untuk dilihat oleh anak – anak kecil. Oleh karena itu harus adanya pemfilteran atau penyaringan konten – konten tersebut. Salah satunya adalah memblokir situs tersebut dari jaringan kita. Bagaimana caranya?
1. Pengertian :
    Blokir adalah aksi yang diambil untuk menghentikan orang tertentu mengakses informasi. Jika sebuah situs web mengaktifkan pemblokiran berdasarkan alamat IP pengguna, blokirnya dapat mempengaruhi pengguna lain yang berbagi alamat IP. Beberapa pengguna yang diblokir mencoba untuk menghindari pemblokirannya dengan membuat akun yang lain atau menggunakan proxy server.
2. Latar Belakang :
    Maraknya situs – situs internet negatif yang dapat merusak moral anak penerus bangsa.
3. Maksud dan Tujuan :
    Memblokir situs web yang berbau negatif, yang bertujuan untuk mengurangi situs berbau negatif yang sering di kunjungi oleh anak di bawah umur.
4. Hasil yang diharapkan :
a. Mampu menngkonfigurasi Mikrotik untuk memblokir website yang berisi konten dewasa.

B. Alat dan Bahan :
1. Komputer / Laptop
2. Mikrotik / RouterBoard
3. Kabel LAN

C. Jangka waktu : 8 Jam
D. Langkah Kerja :
- Membatasi akses IP ke routerboard dengan (drop few, accept any)
Pada lab ini kita akan menolak beberapa ip address agar tidak bisa bisa akses ke routerboard dan mengijinkan semua ip address yang tidak blok bisa mengaskses routerboard Untuk konfigurasinya terdapat pada menu IP >
Firewall > Filter Rules

Klik tombol (+) dan konfigurasi parameter berikut: chainnya: Input ,kemudian yang drop adalah ip address 192.168.20.4, untuk actionnya adalah drop

Lalu untuk rule acceptnya, tambahkan sebagai berikut:


Inilah hasil dari konfigurasi yang telah tadi kita buat, perlu diingat kembali routerboard membaca rule dari atas ke bawah jadi rule yang akan diproses dahulu adalah yang bereada diatas kemudian turun ke rule selanjutnya


Kemudian set ip laptop kita menjadi 192.168.20.4/24 dan test ping dari pc/laptop kita ke ip ethernet routerboard (192.168.20.1)

E. Hasil yang didapatkan :
    Akhirnya dapat memblokir situs website.
F. Permasalahan yang dihadapi :
    Pada awalnya susah untuk mengkonfigurasi namun setelah itu bisa.
G. Kesimpulan :
    Dari Proses tersebut dapat kita simpulkan sangat penting untuk memblokir suatu website yang berbau negatif.
I. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Blokir_(Internet)
Ebook Modul Mikrotik MTCNA - Rifqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar