Prakerin di Kota Bersinar

Blog yang berisi kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di BLC Telkom, Klaten ketika melaksanakan Prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, 2017.


Kamis, 27 Juli 2017

Moodle, membangun dan memanagemen sistem pembelajaran online

A. Judul / Nama Kegiatan : Moodle, membangun sistem pembelajaran online
B. Pendahuluan
    Assalamu'alaikum wr,wb. server dibuat dengan beragam maksud dan tujuannya, salah satunya adalah membangun sistem pembelajaran online. Pembelajaran online sangat baik diterapkan saat ini, karena pelajar masa kini lebih senang untuk online dari pada membaca buku. Hal ini bisa meningkatkan minat membaca pelajar tanah air. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dengan "Moodle'. Apa itu Moodle?
1. Pengertian :
Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknik informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal dikomputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
    Sistem pembelajaran elektronik atau e-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, murid tidak perlu duduk dengan manis diruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
2. Latar Belakang :
    Pelajar saat ini lebih senang membaca dimedia internet ketimbang buku biasa.
3. Maksud dan Tujuan ;
    Mengetahui apa itu Moodle dan menerapkannya dalam sistem pembelajaran
4. Hasil yang diharapkan ;
    Mampu mengkonfigurasikan Moodle dengan benar sehingga kita dapat menerapkan sistem pembelajaran online demi upaya meningkatkan minat baca peserta.

C. Alat dan Bahan :
1. Komputer Server
2. Laptop
3. Akses Internet
4. Download file Moodle disini
D. Jangka waktu pelaksanaan :
jangka waktu pelaksanaan ; 3 Jam
E. Tahapan Pelaksanaan :
1. Kita masuk ke terminal lalu kita konek ke server kita dengan mengetikan perintah : ssh<spasi>user@IPServer lalu masukan Passwordnya
2. Setelah itu kita masuk sebagai SuperUser dengan parintah : su
3. Selanjutnya pindahkan file moodle yang telah anda unduh ke direkroti /var/www/html dengan perintah : cp <spasi> namafile <spasi> /var/www/html/
4. lalu kita ekstrak file moodle tadi dengan perintah : unzip <spasi> namafile
5. Lalu setelah itu berikan hak akses dengan perintah
chown -R www-data:www-data <namafile>
chmod -R 755 <namafile>
6. Lalu kita membuat direktori untuk moodle data, perlu diingat saat membuat direktori moodledata sebaiknya jangan di folder /var/www/html tetapi di folder lain, misalkan di /var/www. oleh karena itu kita pindah ke /var/www/ terlabih dahulu dengan perintah : cd /var/www setelah itu kita membuat direktori dengan cara : mkdir <spasi>moodledata  lalu beri hak akses direktori yang kita buat dengan perintah : chmod 777 moodledata/
7. Setelah itu kita membuat database di phpmyadmin dengan cara klik New > Create Database > masukan nama database > Create.
8. lalu kita buka moodle kita melalui browser dengan perintah : IPServer/moodle setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut, pilih Bahasa lalu Next.

9. Selanjutnya piih tipe penyimpapnan database > MariaDB lalu Next
10. lalu isi database host, database name masukan nama database yang tadi kita buat di phpmyadmin, setelah itu masukan user phpmyadmin dengan root, untuk password database menggunakan password phpmyadmin lalu klik Next
11. Setelah itu Klik Continue

12. Ketika muncul masalah seperti gambar berikut, klik salah satu peringatan.

13. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut, dari gambar tersebut memerintahkan kita untuk mengkonfigurasi my.cnf.
14. Setelah itu kita pindah ke direktori mysql dengan perintah : cd /etc/mysql > enter
15. Setelah itu ketikan perintah nano my.cnf
16. Apabila telah masuk ke laman konfigurasi, masukan script yang tadi berada dibrowser lalu simpan (ctrl+x) lalu y > enter.

17. Restart mysql dengan perintah : service mysql restart
18. Setelah itu kita buka browser kembali dan hasilnya sudah berbeda.
 19. Tunggu proses beberapa menit.

20. Masukan data-data anda dengan benar, setelah benar-benar lengkap lalu klik continue.

21. Masukan nama lengkap situs dan nama pendek untuk situs lalu continue

22. Moodle telah berhasil diinstal
F. Hasil yang didapatkan :
    Dapat menginstal Moodle dengan benar.
G. Temuan Permasalahan :
    Pada saat menginstal moodle pada bagian pemilihan driver database tidak memilih tipe MariaDB sehingga tidak bisa melanjutkan proses instalasi.
H. Kesimpulan :
     Kesimpulan dari percobaan ini adalah Moodle sangat bermanfaat untuk sistem pembelajaran online saat ini.
I. Referensi :
https://moodle.org/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar