Prakerin di Kota Bersinar

Blog yang berisi kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di BLC Telkom, Klaten ketika melaksanakan Prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, 2017.


Kamis, 29 Juni 2017

Pengenalan TKJ dan Linux

BAB I
Pendahuluan :
     Assalamu'alaikum wr, wb, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang bertemakan TKJ, yaitu pengenalan TKJ itu sendiri dan salah satu Sistem Operasi yang di Pelajari, yaitu Linux.

BAB II
Pengertian
   Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras
 Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali di buat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia. 

BAB III 
Latar Belakang :
  Perlu menambah Pemahaman mengenai TKJ dan Linux

BAB IV
Tujuan dan Hasil yang di harapkan :
1. Mengetahui Pengertian TKJ dan Linux

BAB V
Alat dan Bahan :
1. Komputer / Laptop
2. Koneksi Jaringan / Wifi

BAB VI
Jangka waktu : 8 Jam

BAB VII
Langkah Kerja :
1. Mencari artikel di internet
2. Menyimak materi
3. Menyimpulkan

BAB VIII
Hasil yang di dapatkan :

1. PENGENALAN TKJ


Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras

Kejuruan Tekhnik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu kejuruan yang populer di Sekolah – sekolah Swasta seperti SMK. Kejuruan ini banyak dipilih karena kita harus bisa mengikuti perkembangan dunia tekhnologi di dunia yang semakin maju ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang TKJ, ada baiknya kita mengetahui apa itu Komputer karena kejuruan ini memang sangatlah erat kaitannya dengan komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer memiliki sejarah yang panjang sebelum bisa kita gunakan dalam bentuk yang mudah seperti saat ini. Karena dulu komputer masih mempunyai ukuran yang sangat besar, hal tersebut karena komponen – komponennya masih memiliki ukuran yang besar.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa TKJ adalah suatu kejuruan di tingkat SMK yang mempelajari seluk beluk komputer sekaligus bagaimana cara mengoperasikannya dengan benar agar dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, namun kita tidak hanya bisa menggunakannya tapi kita juga diajarkan untuk memperbaiki segala macam permasalahan – permasalahan yang berkaitan dengan komputer.

Jurusan TKJ adalah jurusan yang bagus, ada juga banyak jurusan yang berkaitan dengan teknologi seperti RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ), Multimedia dan yang lainnya. Akan tetapi TKJ sangatlah lebih mudah dengan bermodalkan kemauan dan kerja keras yang nantinya dapat digunakan pada saat pengaplikasiannya di lingkungan kerja.


B. PENGENALAN LINUX

 
Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (command line interface atau CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (graphical user interface atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop).

Pada komputer meja, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer, walaupun terdapat sejumlah varian antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna yang paling populer berjalan di atas X Window System (X), yang menyediakan transparansi jaringan yang memperolehkan sebuah aplikasi grafis berjalan di atas satu mesin tetapi ditampilkan dan dikontrol di mesin yang lain.

GUI yang lain memiliki X window manager seperti FVWM, Enlightenment, Fluxbox, Icewm dan Window Maker. Manajer jendela menyediakan kontrol untuk penempatan dan penampilan dari jendela-jendela aplikasi individual serta interaksi dengan sistem jendela X.

Sebuah sistem Linux umumnya menyediakan sebuah antarmuka baris perintah lewat sebuah shell, yang merupakan cara tradisional untuk berinteraksi dengan sebuah sistem Unix. Sebuah distro Linux yang dikhususkan untuk lingkungan peladen mungkin hanya memiliki CLI sebagai satu-satunya antarmuka. Sebuah sistem yang tidak memiliki monitor hanya dapat dikontrol melalui baris perintah lewat protokol seperti SSH atau telnet.

Kebanyakan komponen tingkat rendah Linux, termasuk GNU Userland, menggunakan CLI secara ekslusif. CLI cocok untuk digunakan pada lingkungan otomasi tugas-tugas yang repetitif atau tertunda, dan menyediakan komunikasi inter-proses yang sangat sederhana. Sebuah program emulator terminal grafis sering digunakan untuk mengakses CLI dari sebuah Linux desktop.

Perkembangan versi Linux :
Versi pertama linux 0.10 pertama kali dipublikasikan pada November 1991
Kemudian diterbitkan versi 0.11 pada desember 1991
Pada versi 0.13 Linux sudah lebih stabil dan Linuz memutuskan mengubah versinya menjadi 0.95
Kini Linux terus berkembang secara cepat karena source code sistem operasi ini disebarluaskan dan dapat dimodifikasi serta dikembangkan oleh siapa saja.

Referensi : Wikipedia

1 komentar:

  1. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blogspot.linuxondictionary.kamuslinux

    Kelebihan Kamus Linux versi pertama:
    - Karya SMK Bisa!!!
    - Offline Kamus Linux (tidak perlu koneksi internet untuk menggunakannya)
    - Terdapat 898 istilah Linux
    - Mudah digunakan

    BalasHapus