Prakerin di Kota Bersinar

Blog yang berisi kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di BLC Telkom, Klaten ketika melaksanakan Prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, 2017.


Rabu, 21 Juni 2017

Diskusi ISO

BAB I
Pendahuluan
1. Pengertian
ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
2. Latar Belakang
Menyongsong perkembangan IT yang semakin maju, semua produk harus mempunyai standarisasi agar dapat digunakan oleh semua pihak tanpa terkecuali.
3. Tujuan
a. Mengetahui apa itu ISO
b. Mengetahui macam-macam ISO
4. Hasil yang diharapkan
Memahami Pengertian ISO dan macam-macamnya

BAB II
Alat dan Bahan
1. Laptop
2. Koneksi Jaringan

BAB III
Jangka Waktu
Senin, 19 Juni 2017 11.00 – 12.00 & 12.50 – 16.00 [4jam 30 menit]

BAB IV
Langkah Kerja

BAB V
Hasil yang didapatkan
Diskusi Tentang ISO dan ISO 27001:
SMK Cilacap
1. kesimpulan: iso adalah kesatuan para ahli untuk berbagi pengtahuan dan standar internasionl yang mendukung inovasi dan membei solusi bagi tantangan global.Tantangan global merupakan sudut pandang dimana memandang globalisasi sebagai suatu yang menantang berarti sesuatu tersebut harus disikapi dan dihadapi dengan berbagai upaya dan strategi.

Smk Rogojampi
2.ISO merupakan badan/organisasi internasional yang menetapkan suatu standar bagi perusahaan, diantaranya ISO 9001 untuk manajemen mutu, ISO 14001 untuk manajemen lingkungan, dl
ISO 27001 : ISO bbekerja sama dengan IEC (menetapkan standar elektronik) membahas tentang ISMS (Information Security Management System) tentang keamanan informasi. Salah satunya mengenai Kriptografi (enkripsi&deskripsi data).

Smk n 4 klaten
3. ISO : Badan penetap sttandar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standarisasi nasional di setiap negara
ISO 27001 : IO yang tdk hanya mencakup aspek teknologi, namn juga dapat menjangkau ke seluru proses bisnis pihk pendukung yang lain/pihak ke 3.

SMK SANJAYA Gunung KIdul
4.iso adalah organisasi interasional yang terbentuk dari kesatuan badan2 standarisasi nasional di setiap negara yang berbeda untuk mencapai suatu tujuan yang sama
iso 27001 adalah standar sistem manajemen yag mengenai soal keamanan informasi atau di kenal juga sebagai Information Security Management System (ISMS)

SMKN 1 KEDIRI
5. ISO merupakan sebuah badan independent standartisasi Internasional . ISO 27001 adalah sebuah metode khusus yang tersruktur tentang pengamanan informasi yang diakui secara internasional. Sistem manajementnya adalah ISMS yang memberikan gambaran secara umum mengenai apa saja yanng harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengevaluasi implementasi dan memelihara keamanan jaringan.

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
6. ISO adalah suatu badan penetap standar internaasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
ISO terdiri dari 3 macam, yaitu :
1. ISO 9001 : Sandar Kualitas/ Mutu
2. ISO 14001 : Standar Lingkungan
3. ISO 18001 : Standar keselamatan dan kesehatan
ISO/IEC 27001
adaah suatu standar sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) yang di terbitkanoleh ISO dan IEC oktober 2005

SMK IT Ihsanu Fikri
7. ISO tujuan
mengemangkan dan mempromosikan standar standar untuk umum yang berlaku secara internasional dan jaminan kualitas dengan standar kualitas internasional.
ISO 27001 adalah sistem manajemen keamanan tekhnologi informasi yang di kembangkan OSI dalam Dunia IT/ Jaringan.

BAB VI
Permasalahan Yang di hadapi:
Dalam Proses diskusi belum memahami apa itu ISO dengan benar.

BAB VII
Kesimpulan:
dengan maraknya persaingan – persaingan Global di segala bidang memang harus tetap ada standarisasi agar tetap sesuai dengan Peraturan dan tidak melawan hukum.

BAB VIII
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Internasional_untuk_Standardisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar